Instagram dikenal dengan platform yang paling efektif dalam melakukan bisnis. Instagram menarik perhatian para marketer di seluruh dunia untuk membangun interaksi dengan banyak orang. Dalam dunia digital marketing dikenal istilah engagement, singkatnya engagement ini merupakan reaksi atau komunikasi yang muncul antara akun kamu dengan pengikut kamu. Ditandai dengan berapa jumlah likes dan komentar di setiap postingan kamu.
Berikut tips untuk menciptakan engagement di Instagram:
1. Posting pada waktu yang tepat
Biar postingan kamu banyak yang likes dan komen, posting pada waktu tertentu. Waktu terbaik pada saat posting pada saat jam makan siang yaitu dari ukul 11 hingga 1 siang dan pada waktu usai jam kerja yaitu pukul 7 hingga 9 malam.
2. Sertakan caption yang menarik
Caption memiliki peran untuk memberikan penjelasan singkat pada postingan, gunakan skill copywriting yang tepat untuk merangsang audiens dalam melakukan interaksi.
3. Gunakan Hashtag yang relavan
Dengan adanya hastags di postingan kamu, maka postingan kamu akan mudah ditemukan oleh audiens yang bahkan bukan dari pengikut kamu. Maka penting untuk menyertakan hastags yang relavan dengan konten kamu. Dari yang hanya mencari, kamu bisa mendapatkan followers, likes, dan komen di postingan kamu.
4. Manfaatkan fitur di Instagram
Instagram saat ini sudah berkembang dengan pesat, melahirkan fitur-fitur baru. Manfaatkan fitur tersebut dengan membuat instastory. kita bisa membuat instastory “New post” ini salah satu trik untuk merangsang audiens melihat postingan terbaru kita.
Fitur lainnya, kita dapat membuat konten video dengan fitur reels. Saat ini konten reels banyak diminati oleh content creator karena menampilkan audio dan visual secara bersamaan dengan vibes yang berbeda.
5. Posting konten yang relavan dengan bisnis kamu
Posting konten yang relavan dan dibutuhkan dengan followers kamu. Dan desain dengan unik dan beragam agar tidak monoton.
6. Konsisten
Konsisten dalam memposting agar followers kamu tidak menghilang. Tidak hanya dalam memposting saja, tapi konsisten dengan konten yang dibagikan. Ini kaan menciptakan hubungan interaksi dengan audiens.
Konten yang konsisten dan menarik akan menciptakan engagement yang tinggi untuk akun kamu. Semoga tulisan ini dapat membantu kamu dalam menciptakan engagement di Instagram.